Skip to content

11++ Contoh Energi Terbarukan

Hi Smart & Green Family!!!

Energi merupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan, dan papan.
Dengan energi, manusia bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Energi juga menjadi ujung tombak sebagai sektor kehidupan manusia seperti untuk pertanian, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan ekonomi.

Contoh energi terbarukan
Ada berbagai contoh energi terbarukan menurut sumbernya.
Berikut ini beberapa contoh energi terbarukan:

1. Energi Surya
Energi surya berasal dari pancaran sinar matahari. Matahari sendiri merupakan komponen utama penggerak kehidupan manusia. Bukan hanya menerangi bumi, namun semua siklus kehidupan di bumi membutuhkan matahari.
Energi surya juga menjadi salah satu energi terbarukan dengan sumber yang sangat besar dan melimpah. Energi surya bisa diubah menjadi energi listrik dengan teknologi panel surya fotovoltaic.
Panel surya menyerap energi dari sinar matahari dan elektron di dalamnya mengubah energi tadi menjadi energi listrik.
Karena kebanyakan energi terbagatui berasal adalah “energi surya” istilah ini sedikit membingungkan. Namun yang dimaksud di sini adalah energi yang dikumpulkan secara langsung dari cahaya matahari.
Tenaga surya dapat digunakan untuk:
– Menghasilkan listrik menggunakan sel surya
– Menghasilkan listrik Menggunakan menara surya
– Memanaskan gedung secara langsung
– Memanaskan gedung melalui pompa panas
– Memanaskan makanan Menggunakan oven surya
– Memanaskan air melalui alat pemanas air bertenaga surya
Matahari tidak memberikan energi secara konstan untuk setiap titik di bumi, sehingga penggunaannya terbatas. Sel surya sering digunakan untuk mengisi daya baterai. Baterai tersebut diisi dayanya pada siang hari sebelum kemudian digunakan pada malam hari.

2. Energi air
Sungai-sungai yang ada bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dari energi airtem Proses konversi dari energi kinetik aliran air menjadi energi listrik tersusun dalam sistem pembangkit tenaga air.
Dalam PLTA, air yang mengalir dimanfaatkan untuk memutar turbin atau kincir. Kincir yang berputar tadi menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Teknologi dalam PLTA bisa digunakan untuk skala kecil dan besar tergantung dengan potensi ketersediaan energi air.
Energi air ini digunakan karena memiliki massa dan bisa mengalir. Air memiliki massa jenis 800 kali dibandingkan dengan udara. Bahkan gerakan air yang lambat bisa diubah ke bentuk energi lain.
Turbin air didesain untuk mendapatkan energi dari berbagai jenis reservoir, yang diperhitungkan dari jumlah massa air, ketinggian, hingga kecepatan air.
Energi air dimanfaatkan dalam bentuk:
– Bendungan pembangkit listrik. Yang terbesar adalah Three Gorges dam di China.
– Mikrohidro dibangun untuk membangkitkan listrik hingga skala 100 kilowatt. Umumnya dipakai di daerah terpencil yang memiliki banyak sumber air.
– Run-of-the-river yang dibangun dengan memanfaatkan energi kinetik dari aliran air tanpa membutuhkan reservoir air yang besar.

3. Energi Angin
Angin merupakan udara yang bergerak dan diakibatkan oleh rotasi bumi dan karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Perbedaan temperatur dapat menghasilkan tekanan udara yang berbeda sehingga bisa menghasilkan angin. Energi angin sangat melimpah di bumi dan merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang potensial.
Energi angin sudah dimanfaatkan sejak dulu untuk pengairan. Angin memutar kincir yang menggerakkan pompa untuk menyedot air disalurkan ke titik yang dibutuhkan.
Energi angin bisa diubah menjadi energi listrik melalui sistem pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB. Pada PLTB, energi angin memutar turbin yang memutar generator hingga bisa menghasilkan listrik.
Energi yang tersedia dari angin adalah fungsi dari kecepatan angin; ketika kecepatan angin meningkat, maka energi keluarannya juga meningkat hingga ke batas maksimum energi yang mampu dihasilkan turbin tersebut.

4. Energi panas bumi
Panas bumi merupakan energi panas yang tersimpan di dalam bumi. Biasanya energi panas ini terletak di kawasan yang dilewati cincin api pasifik. Energi panas bumi berasal dari peluruhan radioaktif pada pusat bumi.
Pemanfaatan energi panas bumi telah digunakan sejak dulu sebagai penghangat ruangan atau memasak. Pemanfaatan energi panas bumi sebagai penghasil energi listrik terdapat pada sistem Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP.
PLTP memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan PLTU, di mana ada uap panas yang digunakan untuk memutar turbin lalu menggerakkan generator. Hanya saja, uap panas yang digunakan pada PLTP adalah uap panas bumi yang telah dipisahkan dari air, yang berasal langsung dari perut bumi.
Ada tiga cara untuk memanfaatkan panas bumi, yaitu;
– Sebagai tenaga pembangkit listrik dan digunakan dalam bentuk listrik
– Sebagai sumber panas yang dimanfaatkan secara langsung menggunakan pipa ke perut bumi
– Sebagai pompa panas yang dipompa langsung dari perut bumi

5. Bio energi
Bio energi merupakan sumber energi terbarukan yang berasal dari materi organik yang memiliki simpanan energi dari matahari dalam bentuk energi kimia.
Bio energi sudah familiar pada zaman lampau yang masih digunakan hingga kini adalah kayu bakar. Kini, sumber bio sudah beragam. Ada Ada hasil panen, rumput, kotoran hewan, sampah rumah tangga, hingga limbah pertanian. Bio energi juga diubah menjafi bahan bakar cair seperti biodiesel, bioavtur, dan lain-lain.

6. Pasang surut air laut
Energi pasang surut air laut juga disebut dengan energi tidal, yaitu bentuk dari energi pasang surut air laut yang diubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lain yang berguna untuk kehidupan manusia.
Energi ini memanfaatkan pasang surut air laut yang diubah menjadi bentuk energi lain. Energi pasang surut air laut dikonversikan menjadi energi mekanik dan digunakan untuk menggiling gandum.
Energi pasang surut air laut telah dimanfaatkan di Eropa dan pantai timur Amerika Utara.

7. Energi ombak laut
Energi ombak laut merupakan energi terbarukan yang didapat dari omebak laut yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Energi listrik dihasilkan dengan memanfaatkan gerakan naik-turun ombak laut.
Untuk menghasilkan energi listrik, platform yang biasa digunakan untuk mengubah dari energi ombak adalah turbin atau pelampung yang naik-turun. Turbin atau pelampung yang naik turun ini digerakkan langsung oleh ombak laut, lantas memutar generator sehingga menghasilkan listrik.

8. Energi arus laut
Energi arus laut merupakan energi berupa gerakan horizontal massa air laut. Arus laut ada karena efek pasang surut dan perbedaan suhu dan salinitas pada air laut.
Arus air laut bisa dimanfaatkan menjadi pembangkit energi listrik. Mekanisme dengan memanfaatkan energi kinetic dari arus untuk memutar turbin. Turbin yang berputar karena arus laut akan memutar generator hingga menghasilkan listrik.

9. Energi panas laut
Pembangkit listrik dari energi panas laut pembangkitan listrik yang memanfaarkan perbedaan suhu antara permukaan laut dengan bawah laut. Nama lain untuk sumber energi ini adalah Ocean Therml Energy Conversion (OTEC).
Teknologi ini dianggap eksperimental pada dekade pertama abad ke-21. Bahkan sampai sekarang belum ada pembangkit listrik dari OTEC komersial yang dibangun.
Konsep OTEC pertama kali dikemukakan pada 1880an oleh seorang insinyur asal prancis, Jacques-Arsene d’Arsonval.

10. Biomassa
Tumbuhan biasanya menggunakan fotosintesis untuk menyimpan tenaga surya, udara, dan CO2. Bahan bakar bio adalah bahan bakar yang diperoleh dari biomassa – organisme atau produk dari metabolisme hewan, seperti kotoran dari sapi dan sebagainya. Biomass biasanya dibakar untuk melepas energi kimia yang tersimpan, pengecualian ketika biofuel digunakan untuk bahan bakar fuel cell.
Biomassa bisa digunakan secara langsung sebagai bahan bakar atai digunakan untuk memproduksi bahan bakar jenis lain seperti biodiesel, bioetanol, atau biogas tergantung sumbernya.
Biomassa bisa menjadi sumber energi terbarukan jika laju pengambilan tidak melebihi laju produksinya, karena pada dasarnya biomassa merupakan bahan yang diproduksi oleh alam dalam waktu relatif singkat melalui berbagai proses biologis.
Ada tiga bentuk untuk penggunaan biomassa, yaitu padar, cair, dan gas. Secara umum ada dua metode dalam memproduksi biomassa, yaitu dengan menumbuhkan organisme penghasil biomassa dan menggunakan bahan sisa hasil industri pengolahan makhluk hidup.
– Bahan bakar bio cair
Bahan bakar bio cair biasanya berbentuk bioalkohol seperti metanol, etanol, dan biodiesel. Biodiesel bisa digunakan pada kendaraan diesel modern dengan sedikit atau tanpa modifikasi dan bisa diperoleh dari limbah sayur dan minyak hewani dan lemak.
– Biomassa padat
Penggunaan langsung biasanya berbentuk padat yang mudah terbakar, baik itu kayu bakar ataupun tanaman yang mudah terbakar. Tanaman bisa dibudidayakan secara khusus untuk pembakaran atau bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Seperti diolah di industri tertentu dan limbah hasil pengolahan yang bisa dibakar dijadikan bahan bakar.
Biomassa padat juga bisa diolah dengan cara gasifikasi untuk menghasilkan gas.
– Biogas
Berbagai bahan organik, secara biologis dengan fermentasi maupun secara fisikokimia dengan gasifikasi dapat melepaskan gas yang mudah terbakar.
Biogas dengan mudah dihasilkan dari berbagai limbah dari industri yang ada saat ini seperti produksi kertas, gula, kotoran hewan peternakan, dan sebagainya. Berbagai aliran limbah harus diencerkan dengan air dan dibiarkan secara alami berfermentasi, menghasilkan gas metana. Residu dari aktivitas fermentasi ini adalah pupuk yang kaya dengan nitrogen, karbon, dan mineral.

11. Sumber Energi Skala Kecil
– Piezoelektrik, merupakan muatan listrik yang dihasilkan dari pengaplikasian stress mekanik pada benda padat. Benda ini mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.
– Jam otomatis (Automatic watch, self-winding watch) merupakan jam tangan yang digerakkan dengan energi mekanik yang tersimpan, yang didapatkan dari gerakan tangan penggunanya. Energi mekanik disimpan pada mekanisme pegas di dalamnya.
– Landasan elektrokinetik (electrokinetic road ramp) yaitu metode menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan energi kinetik dari mobil yang bergerak di atas landasan yang terpasang di jalan. Sebuah landasan sudah dipasang di lapangan parkir supermarket Sainsbury’s di Gloucester, Britania Raya, di mana listrik yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan mesin kasir.
– Menangkap radiasi elektromagnetik yang tidak termanfaatkan dan mengubahnya menjadi energi listrik menggunakan rectifying antenna Ini adalah salah satu metode memanen energi (energy harvesting).

Banyak sekali kan alasan untuk menggunakan panel surya? Pasti tertarik bukan untuk pasang panel surya? Hingga hari ini Panel surya Semakin banyak digunakan oleh masyarakat, jadi untuk kalian yang ingin memasang panel surya bisa langsung melalui nomor +62 21 597 11800

Sumber
Pristiandaru, Danur Lambang. Energi Terbarukan: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Kekurangannya, Internasional.kompas.com dibuka pukul 15:27 WIB pada hari Kamis tanggal 20 Januari 2022
id.wikipedia.org Energi terbarukan, dibuka pukul 15:27 WIB pada hari Kamis tanggal 20 Januari 2022