Sindo News

Sindo News

Kembangkan PLTS, pemerintah ingin diversifikasi energi

Sindonews.com - Semakin menipisnya minyak bumi menjadikam sumber energi alternatif terus dikembangkan pemerintah, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, dalam kerangka pengembangan energi alternatif itulah, telah diujicobakan PLTS di Kabupaten Bangli dan Karangasemn (Bali) dan di Pulau Sumbawa NTB.

Wacik menjelaskan, pembangunan ketiga PLTS tersebut menghabiskan lahan masing-masing seluas 1,2 hektar dengan investasi sekira Rp22 miliar. Pembangkit energi alternatif tersebut bisa menghasilkan tenaga listrik mencapai 1 megawatt.

“Ke depan kami mengharapkan PLTS ini bisa menjadi percontohan," tegas Wacik di hadapan ratusan peserta forum pemred di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/6/2013).

Wacik melanjutkan, Indonesia harus mengurangi ketergantungan terhadap minyak sehingga diversifikasi sumber energi menjadi sangat penting. Terlebih, produksi minyak di Indonesia terus mengalami penurunan dari 1,5 juta per barel, kini tinggal 900 ribu barel. Sementara kebutuhan akan minyak terus mengalami peningkatan dari 800 ribu sehari menjadi 1,5 juta.

Dengan kondisi seperti itu, kata Wacik, maka secara bertahap namun pasti, Indonesia harus mengubah ketergantungan terhadap energi minyak.

Sebaliknya, dia mengajak semua pihak untuk memulai memikirkan untuk pengembangan energi-energi lain, khususnya energi baru yang terbarukan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email