Skip to content

Memaksimalkan Efisiensi dan Kinerja Sistem Panel Surya

Hi Smart & Green Family!!!

Panel surya adalah sebuah alat yang terdiri dari sel surya yang memiliki kemampuan mengubah cahaya matahari menjadi listrik untuk rumah dan industri. Panel surya merupakan alat yang ideal untuk mengurangi tagihan listrik yang tinggi juga masalah listrik lainnya.

Sebelum memasang panel surya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai cara dan tips memaksimalkan efisiensi dan konsumsi energi tenaga surya ini. Hal ini dilakukan agar bisa meningkatkan tingkat kinerja sistem panel surya agar bisa lebih bermanfaat.

Efisiensi penggunaan merupakan hal penting karena bisa membantu dalam memilih perangkat yang tepat untuk sistem panel surya.

1. Suhu Udara
Tingkat suhu suatu lingkungan sangat mempengaruhi kinerja solar panel. Solar panel biasanya akan bekerja maksimal pada temperatur 25°C namun semakin tinggi suhu, efisiensi kinerja panel surya akan menurun. Untuk mengatasi masalah suhu, pemasangan solar panel harus diperhatikan. Harus dipastikan ada ruang yang cukup di bawah panel surya agar terdapat aliran udara yang akan menurunkan suhu panel surya saat suhu udara berada pada puncak tertinggi.

2. Posisi Penempatan
Posisi penempatan juga menjadi hal yang dapat mempengaruhi efisiensi kinerja panel surya. Saat memasang panel surya, lokasi yang tepat merupakan lokasi yang tidak memiliki objek penghalang yang bisa menghasilkan bayangan pada panel surya. Untuk kinerja terbaik, pastikan panel surya berada pada sudut terjauh. Jika ada tanaman yang menutupi, lebih baik tanaman tadi dirapikan agar tidak menjadi bayangan yang menutupi perangkat panel surya.

3. Materi Penyusun
Panel surya merupakan sel surya yang dirangkai dalam bentuk seri dan paralel. Setiap panel surya memiliki rangkain sel yang berbeda. Materi penyusunnya juga beragam. Ada yang terbuat dari Crystalline, Thin Film, dan Multijunction Cells.

4. Intensitas Energi
Semakin besar intensitas penyinaran dari matahari, semakin tinggi juga kinerja panel surya, begitupun sebaliknya. Untuk memaksimalkan penyerapan sinar matahari, terdapat beberapa tips. Jika lokasi rumah berada di bagian selatan garis khatulistiwa, maka arahkan panel surya 15° ke arah utara. Namun, apabila lokasi rumah berada di bagian utara garis khatulistiwa, mka panel surya diarahkan 15° ke arah selatan.

5. Hambatan Listrik Beban
Tegangan listrik yang dihasilkan panel surya tidak akan selalu stabil karena produksi tegangan bergantung pada tingkat penyinaran radiasi matahari. Pada waktu ideal, dengan suhu udara yang pas, dan langit bersih tanpa awan mendung, makan kinerja panel surya akan bekerja maksimal. Namun, jika pada pagi hari atau ketika matahari tertutup awan, maka tegangan panel surya akan menurun. Dengan begitu, turun naiknya tegangan harus diperhatikan. Idealnya, peralatan yang digunakan seperti inverter memiliki jarak batas yang cukup tinggi.

Banyak sekali kan alasan untuk menggunakan panel surya? Pasti tertarik bukan untuk pasang panel surya? Hingga hari ini Panel surya Semakin banyak digunakan oleh masyarakat, jadi untuk kalian yang ingin memasang panel surya bisa langsung kunjungi website kami di berlinenergi.com atau hubungi kami melalui nomor +62 21 597 11800.

Leave a Reply