Skip to content

Perubahan Iklim Bakal Rugikan Ekonomi Indonesia Rp544 Triliun

gambar berita perubahan iklim

JAKARTA – Perubahan iklim berpotensi rugikan ekonomi Indonesia Rp544 triliun sepanjang 2020 sampai 2024. “Kita lihat potensi hazard yang ada dan setelah dihitung dan dievaluasi potensi kerugian ekonominya mencapai Rp544 triliun,” katanya dilansir dari Antara, Selasa . 

Medril menuturkan potensi kerugian ekonomi Indonesia sebesar Rp544 triliun tersebut meliputi empat sektor yaitu pesisir dan laut Rp408 triliun, air Rp26 triliun, pertanian Rp78 triliun dan kesehatan Rp31 triliun. Menurut Medril, perubahan iklim ini harus segera diatasi melalui berbagai kebijakan ketahanan iklim yang dinilai akan mampu menghindari potensi ekonomi sebesar Rp281,9 triliun hingga 2024.

Terlebih lagi, baik Indonesia maupun global saat ini memiliki triple planetary crisis yaitu perubahan iklim, polusi dan hilangnya keanekaragaman hayati yang akan mengancam masa depan bumi dan manusia. 

Berdasarkan data Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim pada 2022, krisis perubahan iklim mengancam sekitar 50 persen sampai 75 persen dari populasi global pada tahun 2.100. Kemudian berdasarkan Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim pada 2022, polusi udara dinobatkan sebagai penyebab penyakit dan kematian dini terbesar di dunia hingga terdapat 4,2 juta kematian setiap tahun.

Nah, dari berita diatas kita semua sudah paham banyak banget dampak negatif dari perubahan iklim itu sendiri terlebih pemanasan global yang terus menerus terjadi, Mari bantu jaga bumi dengan mengurangi emisi karbon (yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global) dengan cara mengganti sumber listrik dengan sumber Energi Terbarukan Panel Surya.

Hingga hari ini Panel surya Semakin banyak digunakan oleh masyarakat, jadi untuk kalian yang ingin memasang panel surya bisa langsung kunjungi website kami di berlinenergi.com atau hubungi kami melalui nomor +62 21 597 11800.

Leave a Reply