Wartagriya

Wartagriya

berlin-picture-850x560

Geliat penggunaan Energi terbarukan ini mulai terlihat dengan banyaknya pengusaha mulai menggunakan energi surya

JAKARTA, WartaGriya.Com – Melihat pengembangan energi tenaga surya secara gratis, ternyata masih sangat berpotensi dipasar solar panel di Indonesia. Apalagi, negara ini merupakan khatulistiwa yang sangat melimpah dijika dapat dimanfaatkan secara maksimal. Ternyata penggunaan energi berbasis surya di Indonesia masih rendah yaitu di dibawah 100 megawatt (MW).

Penggunaan energi surya di Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Di Asia sendiri Jepang dan China masih menjadi pengguna terbesar tenaga surya, dengan Jepang (6.914 MW) dan China (8.300 MW). Sebagai informasi penggunaan tenaga surya dunia saat ini adalah dipegang Jerman dengan kapasitas 32.441 MW, Italia (16.361 MW), dan AS (7.777 MW).

Dalam mendorong akselerasi penggunaan dan pengembangan industri pembangkit listrik tenaga surya, Indonesia sendiri telah menerbitkan kebijakan melalui Permen ESDM No. 50 / 2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik, Permen ESSDM Nomor 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT. Perusahaan Listrik negara (Persero), dan Kepmen ESDM No. 39K/20/MEM/2019 tentang pengesahan RUPTL PLN 2019 – 2028.

Geliat penggunaan Energi terbarukan ini mulai terlihat dengan banyaknya pengusaha mulai menggunakan energi surya. Hal ini senada dengan informasi dari salah satu Pioner di bidang PLTS (Pembangkit listrik tenaga surya) PT. Berlin Energi. Andreas Memberikan informasi yang sangat menggembirakan terkait bergeraknya pengguna ataupun konsumen PLN yang memasang PLTS.

“Saat ini peminat pembangkit listrik mulai menggeliat dan banyak, dari data kami pemasangan sudah mulai banyak dari penggunaan untuk Rumah maupun Tempat Usaha” Pungkas Andreas Agus Widodo Selaku Business Development Manager PT. Berlin Energi (Tangerang, 27 Feb 2020)

“Pada tahun 2019 PT. Berlin Energi telah mengalami peningkatan dalam pemasangan solar panel, peningkatan tersebut mencapai 150 % yoy (Year On Year). dan proyeksi di tahun 2020 PT. Berlin Energi optimis pemasangan solar panel akan meningkat di angka 500 %. Optimisme ini didukung oleh regulasi pemerintah dan masyarakat yang semakin memahami dampak akan perubahan Iklim”. Lanjut Andreas kepada WartaGriya.Com

PT Berlin Energi memberikan solusi mudah dan murah dalam industri PLTS di Indonesia, selain mudah dalam pemasangan dan pengoperasionalan produk Berlin energi juga aman, bisa berfungksi sebagai mesin generator/genset dan UPS, serta memiliki flexibilitas dalam penambahan kapasitas listrik. PLTS besutan PT Berlin Energi ini memliki garansi selama 10 tahun untuk panel serta bisa memperpanjang garansi sampai 25 tahun, mereka meyakini investasi akan kembali – ROI (return of investment) dalam 5 tahun penggunaan.

Keunggulan Pemakaian Panel Surya untuk hunian & tempat usaha
1.Menghemat biaya listrik. Semakin tinggi harga listrik, semakin banyak penghematan yang diperoleh
2.Panel terpasang di atap membantu mengurangi panas matahari yang masuk ke rumah dan meningkatkan daya tahan atap terpasang
3.Ikut secara aktif dalam program “GO GREEN”

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email