Skip to content

Pasang PLTS Atap, Dapat Insentif Hingga Puluhan Juta

berita insentif plts

Pasang PLTS Atap, Dapet Uang Dari Pemerintah?

Hi Smart & Green Family!!!

Tahu kan kalau pemerintah Indonesia sangat mendukung perkembangan penggunaan energi baru terbarukan di Indonesia?

Buktinya Kementrian ESDM melalui Ditjen EBTKE bersama dengan UNDP (United Nations Development Programme) Indonesia sampai membuat program insentif untuk pemasangan PLTS atap. Program Hibah Sustainable Energy Fund (SEF) ini adalah bagian dari program Market Transformation through Design and Implementation of Appropriate Mitigation Actions in the Energy Sector (MTRE3) oleh UNDP.

Proyek MTRE3 sendiri merupakan proyek yang dijalankan oleh Ditjen EBTKE bersama-sama dengan UNDP Indonesia yang didanai secara hibah dari Global Environment Facility (GEF), lembaga donasi internasional yang bergerak di bidang kesehatan lingkungan,  yang disalurkan melalui kerja sama dengan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), dengan total nilai donasi sebesar 8.025.000 USD (hampir 120 miliar rupiah).

Program SEF akan memberikan voucher uang tunai kepada pemilik PLTS atap, dan juga CALON pemilik PLTS atap! Insentif ini bertujuan untuk mendorong masyarakat memasang PLTS atap khususnya pelanggan PLN pada kategori rumah tangga, bisnis dan industri skala kecil-menengah/UMKM, dan sosial (sekolah/bangunan pendidikan, rumah sakit, rumah ibadah). Dengan itu, maka diharapkan rakyat Indonesia dapat mempercepat implementasi program PLTS Atap secara masif dan berkontribusi terhadap capaian target energi baru terbarukan pada bauran energi nasional.

Jumlah uang tunai yang didapatkan dari voucher tergantung dari golongan tarif listrik bangunan serta besar daya panel surya yang dipasang. Contohnya, Untuk pelanggan rumah tangga golongan 1.300 VA hingga 5.500 VA bisa mendapatkan insentif Rp 1,45 juta dengan minimal kapasitas PLTS yang dipasang 1 kWp. Jika listrik PLTS Atap yang terpasang di atas 2 kWp, pelanggan bisa mendapatkan insentif Rp 2,9 juta.

Banyaknya voucher juga terbatas, tetapi karena minat rakyat untuk memasang PLTS atap sangat kecil, maka banyak voucher yang masih tersisa. Voucher yang disediakan untuk pelanggan rumah tangga merupakan yang terbanyak, mencapai 3.171. Sayangnya, baru 125 pelanggan yang mengajukan permohonan mendapatkan voucher dengan rincian: 82 voucer disetujui, dan 43 dalam proses verifikasi.

Oleh karena itu, ayo cepat beralih ke energi terbarukan. Tidak hanya mengurangi emisi karbon, menanggulagi pemanasan global dan perubahan klimat, kamu juga didukung oleh pemerintah Indonesia.

https://www.esdm.go.id/id/berita-unit/direktorat-jenderal-ebtke/kembangkan-pasar-ebt-di-jambi-kesdm-gandeng-undp-laksanakan-proyek-mtre3

https://kumparan.com/kumparanbisnis/mau-pasang-plts-atap-tapi-mahal-kementerian-esdm-bagi-4-751-voucer-gratis-1yP3c4EEXvN/full

Leave a Reply